Beranda Desain Sejarah Desain Adalah Salah Satu Cabang Dari Seni Rupa

Sejarah Desain Adalah Salah Satu Cabang Dari Seni Rupa

7 Sedikit Membaca
0
0
943
Sejarah Desain Grafis Adalah Salah Satu Cabang Dari Seni Rupa

Sejarah Desain – Setelah bergumul dengan judul artikel yang saya buat kali ini dan mengexplore tentang pengertian desain produk, desain grafis, desain arsitektur, desain interior, desain busana dan beberapa cabang seni rupa saya putuskan untuk memberikan judul ” Sejarah Desain Adalah Salah Satu Cabang Dari Seni Rupa ” karena jika kita menjelajahi di internet sejarah desain itu terdapat dalam sejarah desain grafis.

Sebelum ke pembahasan mengenai Sejarah Desain Grafis mari kita baca terlebih dahulu pengertian dari beberapa cabang ilmu desain dibawah ini.

Pengertian Desain Produk ( Industri Design dalam bahasa inggris )

Desain produk merupakan ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang kebutuhan masyarakat seperti peralatan ( tools dalam bahasa inggis ) dan produk yang dapat membantu / menunjang semua kegiatan makluk hidup.

Pengertian Desain Grafis ( Graphic Design dalam bahasa inggris )

Desain grafis merupakan ilmu yang mempelajari tentang komunikasi visual untuk membantu masyarakat mengerti tentang makna dari suatu benda / produk melalui indra penglihatan.

 Pengertian Desain Arsitektur ( Architectural Design dalam bahasa inggris )

Desain arsitektur merupakan ilmu yang mempelajari tentang dua pandangan yang pertama adalah bidang keahlian teknik / keinsinyuran dan kedua pandang adalah bidang seni, secara umum desain arsitektur adalah kegiatan untuk menghasilkan suatu rancangan bangunan yang berupa visual desain.

Pengertian Desain Interior ( Interior design dalam bahasa inggris )

Desain interior merupakan ilmu yang mempelajari tentang tataletak dan penampilan ruangan yang sesuai dengan skala bangunan, secara umum desain interior dan arsitektur merupakan suatu kesatuan dengan desain arsitektur untuk mengembangkan tata ruangan dalam hasil banguanan yang dirancang.

Pengertian Desain Busana ( Fashion Design dalam bahasa inggris )

Desain Busana merupakan ilmu yang mempelajari tentang kebutuhan masyarakat yang menitik beratkan pada penampilan makluk hidup dan memberikan sentuhan untuk menghasilkan busana yang cocok bagi penggunanya.

Baca jugaPengertian Desain : Desain Merupakan Penggabungan Antara Seni dan Sains

Sejarah Desain Adalah Salah Satu Cabang Dari Seni Rupa

Sejarah Desain bermula dari perkembangan revolusi industri yang pada tahun 1750-1850 ( Eropa ), dengan adanya perubahan besar-besaran dalam bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi dan teknologi yang mempengaruhi kondisi sosial, ekonomi, seni/desain dan budaya di seluruh dunia.

Asal mula Revolusi industri sendiri berkembang dari Britania Raya yang terletak di lepas pantai barat laut benua Eropa dan menyebar keseluruh belahan dunia lain seperti : Eropa Barat, Amerika Utara, Jepang dan Semua benua di bumi.

Jika kita lihat dari silsilah pohon ilmu mungkin bisa jadi Desain adalah ilmu tertua bahkan lebih tua dari pada ilmu ke Tuhan an dibuktikan dengan adanya peninggalan prasejarah berupa lukisan dinding gua yang ditemukan pertama kali pada akhir abad 19 di Altamira Spanyol Utara. Lukisan-lukisan itu memiliki kualitas luar biasa sehingga pada awalnya masyarakat ilmiah meragukan otentisitasnya. Bahkan menuduh penemunya, Marcelino Sanz de Sautuola melakukan pemalsuan.

Banyak orang yang tidak percaya bahwa manusia prasejarah memiliki kapasitas intelektual untuk memproduksi segala jenis ekspresi artistik. Namun pada 1902 setelah melalui penelitian mendalam lukisan-lukisan ini dapat dibuktikan keasliannya. Lukisan berbahan arang dan oker berupa penggambaran kuda, bison dan cetakan tangan di Gua Altamira adalah salah satu lukisan gua terbaik yang terawetkan di dunia.

Selain itu bangsa-bangsa timur yang mendiami daerah Timur Tengah dan Asia Kecil serta daerah Mesir dikenal sebagai bangsa-bangsa yang memiliki peradaban tinggi. Di mesir kita dapat menyaksikan sisa-sisa peradaban tinggi dalam bentuk karya seni arsitektur, patung, serta lukisan dinding yang bernilai tinggi seperti piramida, spinx serta relief-relief dan lukisan pada dinding bagian dalamnya.

Selain bangsa Mesir, bangsa Babilonia, Asiria, dan Persia merupakan bangsa-bangsa yang memiliki kebudayaan yang tinggi.

Bangsa Yunani dan Romawi sering dijadikan titik awal perkembangan seni rupa di dunia. Lukisan-lukisan karya pelukis Yunani kuno menampilkan bentuk-bentuk geometris yang diterakan pada permukaan keramik, jambangan, serta benda-benda kerajinan tangan lainnya. Sementara itu, bangsa Romawi karyanya dapat kita saksikan di dalam rumah-rumah bangsawan di kota Pompei.

Hal ini membuktikan sudah sejak lama nenek moyang manusia zaman prasejarah mengawali penciptaan desain.

Berbagai Sumber : History of “Industrial Revolution” modified on 3 March 2018, at 00:01

Terima kasih telah membaca Sejarah Desain Adalah Salah Satu Cabang Dari Seni Rupa.
Semoga bermanfaat.

 

Muat Artikel Oleh Firnandus
Muat Artikel Mengenai Desain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Periksa Juga

Pengertian Desain Produk, Sejarah dan Asosiasinya Di Indonesia

Pengertian Desain Produk, Sejarah dan Asosiasinya Di Indonesia – Sebenarnya dari awa…