Beranda Dunia Blogging Sejarah Blog Dari Pertama Pembuatan Blog Pribadi

Sejarah Blog Dari Pertama Pembuatan Blog Pribadi

13 Sedikit Membaca
0
0
967
Sejarah Blog Dari Pertama Pembuatan Blog Pribadi

Sejarah Blog Dari Pertama Pembuatan Blog Pribadi – Mulai semangat lagi Saya ( Firnandus ) menuliskan artikel ini walaupun badan masih ngedrop, biasa orang yang royalitas itu tidak kenal lelah bahkan bisa lupa segalanya apalagi mengerjakan atau melakukan apa yang disenangi dan dicintainya. Kerja pun dari dulu sering lembur untuk mengejar deadline agar sang pemberi tugas dapat memenuhi targetnya tanpa mendapatkan uang lembur, memang kebanyakan kantor yang saya jumpai tidak memberikan uang lembur dan parahnya lagi saya harus menguras dompet untuk makan di waktu lembur. Walaupun demikian saya anggap seperti Kerja Ikhlas karena saya yakin dari hasil karya yang saya buat dapat dipergunakan oleh masyarakat.

Mohon maaf saya malah cerita / curhat kepada anda. Sebenarnya kenapa saya cerita itu ada sebabnya dan jika kita lihat dari manfaat blog pribadi sendiri adalah tempat bagi seseorang untuk mencurahkan unek-unek yang ada pada pikiran dan isi hati sang blogger. Karena disini adalah Blog Pribadi saya jadi saya boleh dong memberikan banyak cerita yang nantinya bisa menjadi bagian Sejarah dari hidup saya sendiri.

Mungkin di topik Dunia Blog ini saya akan lebih santai dibandingkan di topik lainnya dan jika anda ingin berkomentar atau memberikan kritik dan saran mengenai materi pada blog ini, silahkan mengisi pada kolom komentar atau mengirimkan pesan kepada saya melalui kontak form di blog ini. Mungkin cukup dari sini dan silahkan melanjutkan membaca.

Banyak Cerita Dalam Sejarah Blog Dari Pertama Pembuatan Blog Pribadi

  • Sejarah Blog

Jika kita menelusuri di internet pasti banyak sekali cerita dalam sejarah blog ini dan anehnya ada dua pernyataan tentang siapa yang menemukan blog ini sebenarnya. Coba anda lihat di artikel saya sebelumnya yang memberikan informasi mengenai dua orang yang membuat blogger pertama kali, saya jelaskan disana bukan pembuat blog pertama melainkan pembuat blogger pertama kali, kalau misal anda ingin mengetahui informasi tersebut silahkan menuju keartikel saya sebelumnya dan jika sudah menemukannya silahkan kembali untuk melanjutkan membaca.

Artikel terkaitPengertian Blog, Manfaat dan Kegunaan Blog

Pasti anda sudah menemukan nama sang penemu blogger pertama kali dan coba anda cari di internet apakah benar itu sang pembuatnya. Pasti jawabannya iya benar Evan Williams dan Meg Hourihan sang pembuat blogger pertama kali. Nah beda lagi dengan Blog atau Weblog pada posting kali ini, disini saya mempunyai dua orang jenius sebagai bahan refrensi untuk dijadikan sejarah pembuatan blog pertama kali di dunia.

Belajar sejarah memang mengasikan apalagi kita dapat mengetahui kisah hidup tokoh-tokohnya, karena itu saya ingin membahas dua tokoh ini agar anda juga bisa tahu kisah hidup beliau-beliau ini. Bahkan ada salah satu diantara keduanya yang tidak benar-benar tuntas kuliah padahal beliau adalah seorang yang jenius menurut saya.

Sejarah blog pertama diawali oleh seorang mahasiswa pada waktunya beliau mengungkapkan bahwa web yang beliau buat adalah halaman utama web ( homepage ) pribadinya yang berisi koleksi link dan tambahan foto agar menarik ketika menjelajahi di internet. Pasti anda penasaran tentang beliau ini dan agar anda tidak penasaran lagi dibawah ini saya bedah kepada anda. Beliau adalah Justin Hall mahasiswa Swarthmore College pada tahun 1994, beliau membuat web yang bisa disebut blog pertama kali didunia karena itu beliau disebut Bapak Pembuat Blog Pribadi dalam bahasa inggris bisa anda cari sendiri.

Sejarah blog kedua diisi oleh seorang mahasiswa yang tidak benar-benar tuntas kuliah dalam bidang komputer, beliau adalah Jorn Barger. Beliau adalah pembuat Robot Wisdom dan WeBlog, karena itu beliau bukannya seorang yang bodoh melainkan tidak berminat dalam jurusan pertama yang beliau ambil pertama. Beliau adalah orang yang jenius karena beliau sejak belasan tahun saja sudah mampu memuat Minivac 601.

Pasti kalian gak menyangka anak belasan tahun sudah bisa membuat produk atau alat yang bernilai tinggi persatuannya karena itu Jorn Barger sejak kecil memang seorang anak yang jenius jika saya menilainya.

Beliau dilahirkan di Ohio bagian negara amerika serikat pada tahun 1953, sejak tahun 1964 beliau sudah mencintai dunia komputer dan dibangku sekolah menengah beliau mempelajari matemati dan sains, kemudia beliau mulai berpindah-pindah kampus yang menyeabkan beliau tidak benar-benar tuntas kuliah dan memutuskan untuk mencari jati dirinya dengan bergabung disalah satu komunitas yang bernama The Farm yang merupakan komunitas terkenal dan terbesar di Tennessee dan berkelana di wilayah lain sampai beberapa tahun. Kemudian pada tahun 1980 beliau mulai menemukan jati diri sebagai Programmer dan mulai bekerja sebagai peneliti kecerdasan buatan yang sekarang disingkat AI ( Kecerdasan Buatan / Artificial Intelligence ) di Universitas Northwestern. Dari sinilah beliau mempunyai obsesi untuk menganalisa perilaku manusia melalui komputer dan awal beliau membuat Robot Wisdom yang fungsinya seperti SEO Blog ( Optimisasi Mesin Pencari / Search Engine Optimization ) agar memunculkan artikel atau web site ke peringkat atas pencarian di internet. Pada tahun 1995 beliau terus memposting dan menghasilkan sesuatu yang baru dalam dunia komunikasi berkat ciptaannya tersebut, tibalah pada tahun 17 Desember 1997 yang merupakan awal dari Robot Wisdom Weblog dan blogosphere.

  • Sejarah Perkembangan Blog

Pada tahun 1999 Weblog dipersingkat lagi menjadi Blog oleh programmer yang bernama Peter Merholz dan tahun 2000-an mulai bermunculan Platform – Platform Blogging Pertama di dunia, salah satunya seperti milik Google yang diberi nama blogger atau blogspot yang terkenal sampai sekarang ini. Platform blogging Blogspot atau Blogger ini memang dari dulu menawarkan kemudahan bagi seseorang yang ingin membuat blog dan membagikan cerita seperti buku harian ( diary dalam bahasa inggris ).

Setelah Blogger milik Google disusul oleh platform yang terkenal lainnya seperti yang banyak dibicarakan oleh blogger – blogger di indonesia dan saya yakin anda tahu platform blogging yang satu ini, ya betul WordPress. WordPress sendiri mulai dipergunakan untuk Sistem Manajemen Konten / Content Management System ( CMS ) pada tahun 2003 sebab kemudahan untuk mengolah, mengatur dan menyesuaikan blog dengan lebih baik lagi. Sebenarnya WordPress sendiri dibuat oleh dua orang yang bernama Matt Mullenweg dan Mike Little ketika masih bekerja di WordPress tahun 2001.

Inilah awal dari munculnya Platform AdSense yang pertama kali ditemukan di Pyra Labs yang kemudian diakusisi oleh Google bersamaan dengan rilisnya Blogger pada tahun 2003. AdSense sendiri merupakan platform iklan tertarget dengan membandingkan konten blog dengan materi iklan yang akan ditayangkan oleh pengiklan agar sesuai dengan produk atau jasa yang diiklankan, kekurangannya ketika memunculkan iklan yang sesuai karena jenis-jenis iklan itu banyak, salah satunya iklan kontektual yang pada dasarnya sesuai dengan isi konten dan beberapa jenis iklan lainnya yang akan saya bedah pada posting saya berikutnya. AdSense bisa dibilang seperti Monetize yang intinya sang pengguna mendapatkan imbalan dari informasi yang diberikan di blog pribadi atau jenis blog lainnya. Jika anda belum begitu paham mengenai beberapa jenis-jenis blog dan fungsinya silahkan baca dibawah ini.

  • Jenis – Jenis Dan Fungsi Blog

Blog Pribadi

Blog yang dimiliki oleh satu orang dan berperan sebagai konten kreator bagi blognya sendiri, biasanya berisi tentang kehidupan sehari-hari, hobi, curhatan, gagasan dan ide.

Blog Agama

Blog yang berisi tentang pelajaran hidup dan menuntun orang ke jalan yang lebih baik serta kegiatan keagamaan.

Blog Riset

Blog yang berfokus pada soal akademis dan kontennya yang mendidik sekaligus berisi tentang riset terbaru.

Blog Sastra

Blog yang berisi mengenai karya seorang sastrawan atau orang yang sedang mempelajari bidang kesastraan dan biasanya mengenai puisi, cerpen dan lainnya.

Blog Mode

Blog berisi tentang mode (penampilan), kecantikan dan gaya hidup.

Blog Traveling

Blog yang berisi penuh oleh perjalanan seseorang disuatu daerah dengan memberikan riview atau ulasan mengenai daerah yang dikunjungi.

Blog Komunitas

Blog yang berisi tentang kegiatan suatu perkumpulan yang beranggotakan oran-orang yang mempunyai satu visi dan misi.

Blog Bisnis

Blog yang dijalankan oleh karyawan untuk mempromosikan produk atau jasa prusahaan tempat dia bekerja.

Sekian dari saya dan jika ada yang ingin memberikan komentar silahkan asalkan Jangan Spam di blog ini.

Terima kasih telah membaca Sejarah Blog Dari Pertama Pembuatan Blog Pribadi.
Semoga bermanfaat.

Muat Artikel Oleh Firnandus
  • Pengertian Blog, Manfaat dan Kegunaan Blog

    Pengertian Blog, Manfaat dan Kegunaan Blog

    Pengertian Blog, Manfaat dan Kegunaan Blog – Jika kita lihat dari budaya atau kebias…
Muat Artikel Mengenai Dunia Blogging

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Periksa Juga

Pengertian Blog, Manfaat dan Kegunaan Blog

Pengertian Blog, Manfaat dan Kegunaan Blog – Jika kita lihat dari budaya atau kebias…