Beranda Website Web Server Pengertian Web Server, 3 Rekomendasi Penyedia Layanan Web Hosting

Pengertian Web Server, 3 Rekomendasi Penyedia Layanan Web Hosting

9 Sedikit Membaca
0
0
1,198
Pengertian Web Server Penyedia Layanan Web Hosting

Pengertian Web Server – Pada posting sebelumnya anda telah membaca pengertian domain dan untuk menunjang pembuatan website anda memerlukan web server untuk menampilkan web site yang anda kelola di web hosting.

Sebenarnya web server sendiri berguna untuk mentransfer apa saja yang dibutuhkan oleh pengguna internet untuk mendapatkan berkas file yang terdiri dari teks, video, gambar, file dan banyak lagi dan jika pengguna tidak mendapatkan berkas file tersebut akan mendapatkan peringatan oleh web browser (Google Chrome/Mozilla Firefox/Explorer).

Pengertian Web Server, 3 Rekomendasi Penyedia Layanan Web Hosting

Jika kita lihat di wikipedia Pengertian Server Web adalah server web atau peladen web dapat merujuk baik pada perangkat keras ataupun perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti peramban web.

Menemukan jalur antara Web Server ke Web Browser merupakan gabungan dari jaringan komputer yang ada di seluruh dunia. Setelah semuanya terhubung secara fisik, Protocol TCP, IP atau networking protocol yang memungkinkan semua komputer di dunia dapat berkomunikasi satu sama lainnya.

Penggunaan paling umum server web adalah untuk menempatkan situs web, namun pada praktiknya penggunaannya diperluas sebagai tempat peyimpanan data ataupun untuk menjalankan sejumlah aplikasi kelas bisnis.

Pasti anda sudah mulai mengerti tentang pengertian web server dan untuk menambah pengetahuan anda saya berikan Contoh Web Server yang digunakan.

  1. Apache
  2. Nginx
  3. Apache Tomcat
  4. Lighttpd
  5. Litespeed
  6. Microsoft Internet Information Services (IIS)
  7. Sun Java System Web Server
  8. Zeus Web Server

Contoh Software Web Server Localhost

  1. XAMPP
  2. WampServer
  3. AMPPS
  4. IIS
  5. Dll

3 Rekomendasi Layanan Web Hosting

Sebelum melanjutkan ke rekomendasi layanan web hosting saya akan sekit menambahkan Apa Pengertian Web Hosting  agar menambahkan pengetahuan anda.

Pengertian Web Hosting sendiri seperti halnya rumah yang dibangun dengan material bangunan seperti batu kali, semen, pasir, gamping, baja dan lainnya jika web hosting sendiri berisi material-material seperti  html, ccs, javascript, php, jpg, png, pdf dan banyak lagi, hasil dari material-material tersebut akan menghasilkan penampakan website di internet.

Jika kita lihat lagi di wikipedia pengertian Layanan Web Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS.

Jenis – Jenis Layanan Web Hosting dan Pengertiannya

Shared Hosting : Merupakan layanan hosting berbayar yang termurah dibanding layanan hosting lainnya. Penyedia layanan ini membagi-bagi sebuah server dan sumber dayanya sehingga dapat dipakai oleh puluhan hingga ratusan website. Penggunaan layanan ini cukup memilih slot yang dibagi yang sesuai dengan kebutuhan.

Reseller Hosting : Merupakan layanan seperti halnya makelar hosting. Sebenarnya penyedia server bukanlah yang mempunyai server tersebut melainkan customer yang menjadi perpanjangan tangan dari penyedia hosting. Reseller diberi kewenangan untuk menjual kembali, membuat paket-paket dan menggunakan nama/merek sendiri untuk layanannya. Reseller pada umumnya menyewa hosting dengan paket besar dan membagi-bagikannya seperti halnya penyedia layanan shared hosting.

VPS Hosting : Merupakan layanan hosting berbayar yang lebih mahal dibanding layanan hosting diatas. Penyedia layanan vps hosting hampir sama dengan shared hosting yang membagi-bagi servernya dan bedanya adalah dalam pembagian slot yang dibatasi sehingga performance tiap server virtual tetap terjaga.

Cloud Hosting : Merupakan layanan hosting diatas level dari vps hosting dan bedanya penyedia layanan menggabungkan sumber daya dari beberapa server lalu membagi-bagikan kembali menjadi beberapa server virtual.

Dedicated Hosting : Merupakan layanan hosting dibilang paling mahal dibanding sebelumnya karena penyedia layanan memberikan satu server penuh kepada satu customer saja.

Colocation Hosting : Merupakan layanan hosting lebih mahal lagi dibandingkan dedicated hosting karena penyedia layanan hanya menyediakan insfrastruktur dan prasarana pendukung, adapun pelanggan harus menyediakan komputer (PC) untuk servernya, inilah layanan hosting yang bisa saya untuk anda.

Tibalah kita membahas tentang Rekomendasi Layanan Hosting Terbaik dan Termurah menurut saya karena saya telah menyewa dari penyedia layanan hosting dibawah ini dan merasa puas dengan hasilnya.

Niagahoster

Penyedia layanan hosting yang dibilang komplit dan familiar di indonesia karena banyaknya layanan dan promo yang diberikan, tidak itu saja review tentang layanannya juga tidak usah diragukan lagi (Banyak sekali).

Layanan Hosting di Niagahoster :

  1. Web Hosting
  2. WordPress Hosting
  3. VPS Hosting – Cloud Server

RumahWeb

Penyedia layanan hosting yang dibilang komplit dan familiar di indonesia karena banyaknya layanan dan promo yang diberikan, tidak itu saja RumahWeb merupakan penyedia layanan yang sudah bekerja sama dengan lembaga-lembaga ternama.

Layanan Hosting di RumahWeb :

  1. Cloud Hosting
  2. WordPress Hosting
  3. VPS Hosting – Cloud Server

Indowebhoster

Penyedia layanan hosting yang paling murah menurut saya karena paket-paket yang ditawarkan dapat dijangkau oleh semua kalangan dan cocok bagi anda yang ingin memulai belajar membangun sebuah website pribadi. Customer service yang dibilang baik dan dapat membantu masalah yang berhubungan dengan layanannya.

Layanan Hosting di Indowebhoster

  1. Web Hosting

Dari sini saya harapkan anda bisa memilih layanan hosting yang dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda yang sedang atau ingin membangun sebuah website. Mungkin dari 3 review yang saya berikan ada yang kurang dan anda mempunyai rekomendasi web hosting lainnya silahkan tambahkan di kolom komentar.

Terima kasih telah membaca Pengertian Web Server, 3 Rekomendasi Penyedia Layanan Web Hosting.
Semoga bermanfaat.

 

Muat Artikel Oleh Firnandus
Muat Artikel Mengenai Web Server

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Periksa Juga

Pengertian Website Menurut Para Ahli

Pengertian Website Menurut Para Ahli – Pada posting pertama di kategori website anda…