Beranda Pemasaran Pengertian Pemasaran Online dan Offline Serta Contoh Inovasi Produknya

Pengertian Pemasaran Online dan Offline Serta Contoh Inovasi Produknya

7 Sedikit Membaca
2
0
507
Pengertian Pemasaran Online dan Offline Serta Contoh Inovasi Produknya

Pengertian Pemasaran – Pada dasarnya manusia sebagai makhluk konsumtif yang didasari oleh faktor-faktor kebutuha internal ( motivasi, pengamatan, belajar, sikap dan kepribadian ) dan eksternal ( kebudayaan, kelas sosial, keluarga, kelompok sosial dan kelompok referensi ), karena itu perlunya Pemasaran ( Bahasa Inggris disebut Marketing ) dalam usaha atau bisnis yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Tidak mungkin kan jika anda ingin mencari sebuah produk atau jasa akan tetapi tidak mendapatkan yang sesuai dengan yang anda cari, disinilah peran pemasaran yang seharusnya memberikan informasi sesuai dengan apa yang anda cari dengan bantuan seorang desainer, copywriting dan banyak lagi untuk mendukung membuat inovasi dalam pemasaran beserta produk atau jasa yang akan ditawarkan.

Jika kita lihat di wikipedia Pengertian Pemasaran yaitu aktivitas, serangkaian institusi, dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum.

Pengertian Pemasaran Online dan Offline Serta Contoh Inovasi Produknya

Jika anda lihat dari konsep pemasaran sendiri merupakan faktor kesuksesan bagi pebisnis dalam perusahaan agar mengetahui adanya cara dan falsafah yang terlibat didalam suatu bisnis yang dijalankan.

Contoh Konsep Pemasaran :

  1. Saluran perencanaan dan kegiatan perusahaan harus sesuai dengan target market ( target pasar ).
  2. Volume penjualan yang didapatkan harus sesuai dengan rencana dan anggaran serta laba yang akan didapatkan.
  3. Koordinasikan yang diintegrasikan secara organisasi agar seluruh kegiatan pemasaran dapat berjalan dengan baik.

Pemasaran Online ( Online Marketing )

Suatu kegiatan untuk memberikan informasi melalui media internet ( Elektronik ) yang biasanya berawalan dengan huruf e, seperti e-mail, e-business, e-gov, e-society dan banyak lagi.

Pemasaran Offline ( Offline Marketing )

Suatu kegiatan untuk memberikan informasi secara langsung atau tidak langsung dengan 2 perantara seperti seorang sales yang bertatap muka dengan customer dan produk pemasaran yang dapat dijumpai dimana target market berada.

Dari sini saya berharap anda sudah paham dengan pengertian pemasaran online dan offline, lebih detailnya dibawah ini saya berikan contoh inovasi produk pemasaran online dan offline yang dapat anda simak.

Contoh Produk Pemasaran Online dan Penjelasan Singkatnya :

Sosial Media : Tempat berkumpulnya sekelompok individu, perusahaan dan instansi yang memberikan segala macam info mengenai kabar terkini bisa berupa jasa dan produk yang dimiliki melalui website atau mobile app.

Website : Suatu media yang dapat anda jumpai ketika browsing mengenai informasi yang anda cari baik itu jasa atau produk di internet.

Mobile App : Seperti halnya website, bedanya hanya pada cara mendapatkan informasinya yang mengharuskan anda untuk mendownload secara langsung atau tidak langsung pada handphone anda.

E-mail Marketing : Suatu cara memasarkan produk atau jasa melalui pesan elektronik kepada customer atau group customer yang didalamnya bisa berupa katalog produk, proposal, penawaran dan banyak lagi.

SEO ( Search Engine Optimisation ) : Suatu upaya untuk menghadirkan website diperingkat atas search engine agar target market anda mengetahui produk atau jasa yang anda tawarkan dan memesannya.

ADS ( Advertisement ) / Iklan : Suatu wadah yang disediakan oleh search engine atau website untuk memasangkan produk atau jasa anda di internet maupun elektronik.

Iklan Televisi : Iklan yang ditayangkan pada saat target market menonton televisi ( TV ) agar mengetahui produk, jasa dan pengumuman pada iklan.

Iklan Radio : Audio visual yang dikemas sedemikian rupa agar pendengar radio dapat mengerti apa yang disampaikan iklan pada saat jeda siaran.

Iklan Video : Video yang ditampilkan di media online atau elektronik, contohnya di youtube atau baliho.

Contoh Produk Pemasaran Offline dan Penjelasan Singkatnya :

Design Stationery ( ATK ) : Beberapa produk yang berfungsi untuk menyampaikan informasi atau memperkenalkan jasa atau produk mengenai individu, perusahaan dan instansi, contoh : kartu nama, flayer, brosur dan banyak lagi.

Design Gimmick ( Merchandise/Aksesoris ) : Beberapa produk pemasaran ajaib untuk memikat customer agar tidak melupakan jasa atau produk yang ditawarkan, contoh : t-shirt, tas, jam, mug, packaging dan banyak lagi.

Iklan baris : Merupakan informasi berupa gambar atau tulisan yang ditempatkan pada suatu lembaran koran agar pembaca dapat melihat iklan yang biasanya berada di kolom tersendiri pada halaman koran.

Baliho atau Spanduk : Suatu media yang bisa anda jumpai dipinggir jalan, karena peletakannya yang strategis dapat memberikan dampak yang besar pada pemasaran anda.

Iklan Kendaraan : Media iklan yang ditempatkan di kendaraan dan biasanya menggunakan mobil atau motor yang dikemas sedemikian rupa agar menampilkan informasi mengenai perusahaan, produk dan jasa.

Sebenarnya masih banyak lagi inovasi produk pemasaran online dan offline yang ada sekarang ini, jika anda mempunyai inovasi produk pemasaran yang beda dengan yang lainnya silahkan mengisi kolom dibawah ini.

Terima kasih telah membaca Pengertian Pemasaran Online dan Offline Serta Contoh Inovasi Produknya.
Semoga bermanfaat.

 

Muat Artikel Oleh Firnandus
  • Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

    Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

    Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli – Pada posting sebelumnya anda telah membaca …
Muat Artikel Mengenai Pemasaran

2 Komentar

  1. Hendra

    7 Mei 2018 di 10:49 am

    sangat informatif bro,pas banget nih kalo ada yang mau pelajarin tentang marketing ofline and online.
    tetap semangat dan berkarya bro.
    *Cheers

    Komentar

    • Firnandus

      7 Mei 2018 di 11:51 am

      Iya bro hendra, terima kasih atas komentarnya.
      Harus semangat dan selalu berkarya juga bro.

      Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Periksa Juga

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli – Pada posting sebelumnya anda telah membaca …