Beranda Pemasaran Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

7 Sedikit Membaca
0
0
1,746
Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli – Pada posting sebelumnya anda telah membaca Pengertian Pemasaran yang saya bedakan menjadi dua yaitu Online dan Offline Serta Contoh Inovasi Produknya. Untuk memperkaya pengetahuan anda mengenai pemasaran bisa membaca Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli.

Pasti anda sering kali mendengar kata pemasaran atau marketing dalam kehidupan anda dan taukah anda bahwa pemasaran sendiri sudah dikenal sejak ribuan tahun. Jika kita kembali ke masa lalu dan melihat praktik pemasaran (History of Marketing) itu berawal dari kata barter yang artinya suatu aktifitas menukar barang dengan barang tanpa menggunakan media lainnya, seperti halnya uang yang sekarang kita gunakan untuk membeli barang. Karena revolusi pemasaran pada akhir abad kesembilan belas, aktifitas pemasaran mulai berubah dengan adanya kegiatan membeli atau menjual barang diperkenalkan, dan dari sini seorang peneliti mulai mempelajari sejarah pemasaran pada abad kedua puluh, terbukti pada tahun 1960 Robert Keith menerbitkan buku yang diberikan judul “The Marketing Revolution” isinya mengenai sejarah praktik pemasaran dan pada tahun 1976 Robert Keith membuat buku lagi dengan judul “The History of Marketing Thought”, menandai titik balik dalam pemahaman tentang bagaimana teori pemasaran berevolusi sejak pertama kali muncul sebagai disiplin terpisah di sekitar pergantian abad lalu.  Mungkin sudah cukup dari sini dan mari kita lanjutkan membaca pengertian pemasaran menurut para ahli, disini saya akan membagi pengertian pemasaran menurut para ahli menjadi dua yaitu online dan offline.

Baca jugaPengertian Pemasaran Online dan Offline Serta Contoh Inovasi Produknya

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa saya akan membagi menjadi dua yang dapat anda baca dibawah ini.

Pengertian Pemasaran Offline Menurut Para Ahli

Chaffey (2009: 416) Chartered of Marketing, yaitu suatu proses manajemen yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi, mengantisipasi dan memuaskan konsumen yang menghasilkan keuntungan.

Daryanto (2011:1) pemasaran offline adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain.

David (2011: 135) pemasaran offline dapat digambarkan sebagi proses dari pendefinisian, pengantisipasian, pembuatan dan pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen untuk produk dan jasa.

Hasan (2013:4) pemasaran offline adalah proses mengidentifikasi, menciptakan dan mengkomunikasikan nilai, serta memelihara hubungan yang memuaskan pelanggan untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan.

Jhon w. Mullins & Orville C. Walker, Jr (2013:5), marketing is a social process involving the activities necessary to enable iondividuals and organizations to obtain what they need and want through exchange with others and to develop ongoing exchange relationships. Definisi tersebut mengartikan bahwa Pemasaran adalah suatu proses sosial yang melibatkan kegiatan yang diperlukan mengaktifkan individuals dan organisasi untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui bertukar dengan lain dan mengembangkan hubungan bertukar berkelanjutan.

Kotler dan Armstrong (2014:27) The process by which companies create value for customers and build strong customer relationships in order to capture value from customers in return. Definisi tersebut mengartikan bahwa,Pemasaran adalah proses dimana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, dengan tujuan menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalannya.

Kotler dan Keller (2016:27) Marketing is the activity, set of institutions, and processes for creating, communicating, delivering, and exchanging offerings that have value for customers, clients, partners, and society at large. Arti dari definisi tersebut, pemasaran adalah suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, menghantarkan dan memberikan nilai pelanggan yang unggul.

Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli

Mohammed, et al. (2003,p4) pemasaran online  adalah sebuah proses untuk membangun dan memelihara hubungan dengan pelanggan melalui kegiatan secara online sebagai sarana untuk pertukaran pendapat, produk, dan jasa sehinga dapat mencapai tujuan bersama kedua kelompok.

El-Gohary (2010, p216) pemasaran online dapat dipandang sebagai sebuah filosofi baru dan praktek bisnis moderen yang terlibat dengan pemasaran barang, jasa, informasi dan ide melalui internet dan elektronik lainnya.

Kalyanam dam McIntyre, Dehkordi et al. (2012) pemasaran online / online marketing / internet marketing merupakan salah satu bentuk e-marketing yang menggambarkan penggunaan website untuk memperkuat usaha pemasaran, khususnya promosi yang dilakukan oleh perusahaan, penggunaan website untuk melakukan lelang produk seperti eBay yang mengalami perkembangan pesat melalui komunikasi dari mulut ke mulut, dan penerapan eCRM dalam membangun dan mengelola hubungan dengan pelanggan.

Kotler dan Armstrong (2013) pemasaran online / online marketing / internet marketing menggambarkan usaha perusahaan untuk memasarkan produk dan jasa, serta membangun hubungan dengan pelanggan melalui internet.

Terima kasih telah membaca Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli.
Semoga bermanfaat.

 

Muat Artikel Oleh Firnandus
Muat Artikel Mengenai Pemasaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Periksa Juga

Pengertian Pemasaran Online dan Offline Serta Contoh Inovasi Produknya

Pengertian Pemasaran – Pada dasarnya manusia sebagai makhluk konsumtif yang didasari…