Beranda Website Pengertian Domain, Jenis Domain dan Syarat Mendapatkan Domain

Pengertian Domain, Jenis Domain dan Syarat Mendapatkan Domain

5 Sedikit Membaca
0
0
1,189
Pengertian Domain

Pengertian Domain – Pada postingan saya kali ini akan membahas tentang domain, jenis domain dan syarat memperoleh nama domain yang dapat anda gunakan referensi untuk memilih nama domain yang sesuai dengan tujuan anda, mungkin anda yang sedang atau ingin memperkenalkan usaha offline anda secara online atau menjalankan bisnis online silahkan baca artikel dibawah ini.

Memang banyak sekali sekarang yang mempunyai website dan menawarkan jasa pembuatan website yang tersebar di seluruh penjuru dunia karena itu saya akan bagikan sedikit informasi untuk anda dan jangan sampai anda salah memilih nama domain.

Pengertian Domain, Jenis Domain dan Syarat Mendapatkan Domain

Pada zaman sebelum alamat domain ada, orang yang mengakses suatu halaman website menggunakan baris angka-angka yang membingkan yang disebut dengan ip address, karena perkembangan zaman dan manusia mulai memikirkan solusi untuk memudahkan suatu hal maka dibuatlah alamat domain walaupun sekarang masih ada website yang tidak wajar yang menggunakan alamat tersebut.

Jika kita lihat di wikipedia sendiri arti dari Nama Domain sendiri adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Pada awalnya nama domain hanya dapat dituliskan dengan ke-26 abjad Latin, namun saat ini telah dimungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan Internasionalisasi nama domain.

Sistem nama domain (DNS) adalah aturan yang dipakai dalam sistem penamaan dari nama domain ini.

Jenis – Jenis Domain, Pengertiannya dan Syaratnya

Generi Top Level Domain (gTLD) : Domain utama yang biasanya terdiri dari tiga huruf dibelakang titik (dot). Domain yang dulunya tidak dapat dibeli/disewa karena dikhususkan untuk kalangan tertentu dan mempunyai banyak persyaratan, kabar baiknya sekarang dapat dimiliki oleh siapa saja tanpa syarat.

Beberapa Contoh Domain gTLD dan Penggunaannya :

  1. .com : komersial
  2. .net : institusi internet
  3. .org : organisasi
  4. .mil : militer
  5. .gov : pemerintahan
  6. .edu : edukasi

Country Code Top Level Domain (ccTLD) : Domain utama yang digunakan untuk pengkodean suatu negara – negara di seluruh dunia. Untuk memiliki domain ini memiliki syarat sendiri – sendiri seperti halnya menyerahkan bukti identitas anda (KTP/SIM/Paspor) untuk Personal, menyerahkan bukti SIUP/TDP dan Akte Notaris untuk Perusahaan.

Beberapa Contoh Domain ccTLD dan Penggunaannya Di Indonesia :

  1. .id : personal
  2. .co.id : perusahaan
  3. .or.id : organisasi
  4. .go.id : pemerintah

Untuk lebih lengkapnya tentang daftar domain gTLD dan ccTLD bisa anda melihat di Wikipedia.

Domain utama dapat anda sewa/beli sebanyak mungkin selama nama domain tersebut belum di daftarkan orang lain sebelumnya dan untuk perhitungan sewanya sendiri dihitung pertahun jadi anda harus membayar pertahunnya, ya sama saja dengan membayar pajak tahunan dan jika anda tidak membayar sewa ditahun berikutnya domain yang anda sewa sudah tidak akan menjadi milik anda.

Terima kasih telah membaca Pengertian Domain, Jenis Domain dan Syarat Mendapatkan Domain.
Semoga bermanfaat.

 

Muat Artikel Oleh Firnandus
Muat Artikel Mengenai Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Periksa Juga

Pengertian Website Menurut Para Ahli

Pengertian Website Menurut Para Ahli – Pada posting pertama di kategori website anda…