Beranda Desain Pengertian Desain : Desain Merupakan Penggabungan Antara Seni dan Sains

Pengertian Desain : Desain Merupakan Penggabungan Antara Seni dan Sains

5 Sedikit Membaca
0
2
1,270
Pengertian Desain : Desain Merupakan Penggabungan Antara Seni dan Sains

Pengertian Desain – Akhirnya saya bisa membuat postingan pertama, semoga apa yang saya bagikan dapat memberikan manfaat bagi anda yang membaca. Jika anda yang sudah mendengar atau mengenal dunia desain pasti tau istilah ( terminologi ) desain itu seperti apa. Akan tetapi apakah anda mengetahui bahwa “Desain Merupakan Penggabungan Antara Seni dan Sains“, jika anda seorang mahasiswa Jurusan Desain Produk di Universitas Mercu Buana ( UMB ) pasti sudah mengetahuinya. Kalau belum, silahkan membaca sedikit rangkuman dibawah ini atau silahkan mendaftarkan diri untuk mempelajari seluruh materi yang diberikan nantinya.

Pengertian Desain : Desain Merupakan Penggabungan Antara Seni dan Sains.

Jika kita menjelajah di google kebanyakan menyampaikan bahwa desain, seni dan sains itu berbeda, mungkin semuanya bisa jadi benar akan tetapi jika dilihat dari posisi desain tersebut dalam silsilah pohon ilmu mungkin bisa jadi Desain adalah ilmu tertua bahkan lebih tua dari pada ilmu ke Tuhan an.

Tidak dipungkiri bahwa desain erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari, pada zaman burba pun sudah ada desain dengan landasan manusia mengenal aksara, komunikasi dilakukan melalui gambar. Bukti ini didapatkan pada gua-gua peninggalan zaman purba. Mengenai kapan pastinya manusia mulai melakukan komunikasi dengan cara ini, belum ada temuan yang berhasil menguaknya.

Pada awal perkembangan ilmu pengetahuan seperti ilmu desain belum terbagi menjadi begitu detail. Hal tersebut dapat dilihat dari profil salah seorang ilmuannya, sebut saja Leonardo Da Vinci yang dikenal sebagai seorang ilmuan yang menguasai seni, teknik, matematika sampai biologi. Lalu waktu berjalan hingga sekarang ini dan manusia mulai mengelompokkan bidang ilmu menjadi bagian yang lebik kecil dan mendetail. Desain adalah sebuah ilmu terapan yang mengusung dua kutub yang sama-sama kuat yaitu kutub science (ilmu pengetahuan) dan kutub arts (seni).

Sebuah desain memerlukan unsur seni untuk membuatnya dapat memenuhi kebutuhan rasa, sensasi serta hal yang bersifat abstrak, intelegible, irrasional, memicu kenangan dan membangkitkan sensasi yang merupakan bagian dari diri manusia. Disisi lain desain juga memerlukan unsur sains yang didalamnya terdapat elemen perhitungan matematis, teknik dan tahapan perencanaan yang jelas agar dapat membuat desain dapat lebiih mungkin untuk diwujudkan, untuk diproduksi, dapat menjawab fungsi dan pertanyaan-pertanyaan manusia yang bersifat logis.

Hal ini akan berpengaruh dalam diri sang desainer, dimana ia akan merasakan tarikan dari dua kutub ini. Seorang desainer dengan minat yang besar dalam bidang seni akan cenderung menyelesaikan proses desainnya dengan mengandalkan insting yang tumbuh dari minat seninya. Begitu pula sebaliknya, desainer dengan pengetahuan teknik atau matematis yang kuat maka ia akan cenderung menyelesaikan proses desainnya lewat cara-cara yang sitematik dan terukur. Padahal seharusnya tidak demikian, mengingat seorang desainer harus senantiasa bereksplorasi ke dalam area yang mungkin sama sekali belum dikenalnya.

Dalam bereksplorasi mungkin tidak harus ekstrim berada di tengah titik yang berarti seimbang dalam memperhatikan aspek seni dan sains, namun juga bukan berarti menafikkan salah satunya. Jadi sebuah desain bukan hanya berhubungan erat dengan seni, tetapi juga erat dengan sains dan keteknikkan. Setelah proses selesai maka desain akan berada ditengah masyarakat dengan seperangkat nilai, norma, konvensi, adat, aturan dan kebiasaan yang terlebih dahulu ada. Dengan demikian seorang desainer juga wajib mengksplorasi ke berbagai bidang yang menjadi sendi kehidupan dalam tatanan bermasyarakat.

Terima kasih telah membaca Pengertian Desain : Desain Merupakan Penggabungan Antara Seni dan Sains.
Semoga bermanfaat.

 

Muat Artikel Oleh Firnandus
Muat Artikel Mengenai Desain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Periksa Juga

Pengertian Desain Produk, Sejarah dan Asosiasinya Di Indonesia

Pengertian Desain Produk, Sejarah dan Asosiasinya Di Indonesia – Sebenarnya dari awa…