Beranda Desain Pengertian Desain Produk, Sejarah dan Asosiasinya Di Indonesia

Pengertian Desain Produk, Sejarah dan Asosiasinya Di Indonesia

8 Sedikit Membaca
0
0
114
Pengertian Desain Produk, Sejarah dan Asosiasinya Di Indonesia

Pengertian Desain Produk, Sejarah dan Asosiasinya Di Indonesia – Sebenarnya dari awal saya posting sampai saat ini bersumber dari sini dan salah satu cabang ilmu desain yang dapat dibilang sangat diperlukan untuk kemajuan bangsa ini, walaupun kadang orang yang diluar sana ( bukan anda ) banyak yang merehkan keprofesionalan bidang ilmu ini dalam bidang bisnis ( pekerjaan ) dan alhasil perusahaan yang memperkerjakan Desainer ini hanya diberikan gaji sedikit diatas UMR. Banyak juga orang yang berfikir mengenai desain adalah ilmu yang lahir di zaman modern ini, semoga bukan anda orangnya karena saya yakin anda sudah membaca artikel pertama kali di blog pribadi saya ini.

Perlu anda tahu di Negara Tercinta Kita ini yaitu Negara Indonesia merupakan negara Optimis dan Bahagia yang telah mendukung mendukung desain produk kedalam Pengembangan Ekonomi Kreatif dan itu nyata adanya karena telah dibuatnya Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2009 yang diterbitkan oleh Presiden RI. Jika anda baca di Instruksi II akan akan menemui pernyataan bahwa Desain merupakan salah satu yang diutamakan dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif agar terciptanya individu yang bernilai ekonomis dan berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat Indonesia, dengan sasaran, arah, dan strategi yang telah ditetapkan.
Sumber : “Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2009” Indonesia Kreatif.
Jadi jangan ada lagi yang merehkan Desain dan mari majukan Indonesia dengan karya-karya anda yang brilian, mungkin sudah dari sini dan mari lanjutkan membaca pada posting kali ini.

Baca jugaPengertian Desain : Desain Merupakan Penggabungan Antara Seni dan Sains

Pengertian Desain Produk, Sejarah dan Asosiasinya Di Indonesia

  • Pengertian Desain Produk

Desain produk dalam bidang keilmuan disebut dengan Desain Produk Industri / Desain Industri yang mempunyai banyak pengertian jika kita lihat dari beberapa pandangan, kalau boleh saya mengartikan desain produk adalah suatu bidang keilmuan yang mempelajari tentang perancangan suatu produk yang dapat diperbarukan ( Newest dalam bahasa inggris ) atau membantu pemecahan masalah dengan memperhatikan beberapa Kecenderungan Desain Pragmatik seperti Utilitas ( Fungsi ), Firmitas ( Kekokohan ) dan  Venustas ( Keindahan ) agar terciptanya suatu produk yang layak bagi penggunanya.

  • Sejarah Desain Produk Di Indonesia

Dalam sejarahnya desain produk  terbentuk dari awal revolusi industri yang mempengaruhi kondisi sosial, ekonomi, seni/desain dan budaya di seluruh belahan dunia. Sebelum adanya pendidikan formal orang zaman dahulu membuat produk dengan pemikirannya sendiri atau dari belajar sendiri ( otodidak ) dan saat negara jerman mulai membangun dan membentuk tatanan sosial yang baru maka terciptalah sekolah desain pertama di dunia yang dikenal dengan Bauhaus German School Of Design.

Desain produk industri di indonesia mulai di masukan sebagai program studi pada tahun 1972 di ITB dan karena itu Institut Teknologi Bandung merupakan institut pertama yang membuka program studi desain produk. Dari sinilah perkembangan seni dan desain di indonesia mulai ada dan dibeberapa institut / perguruan tinggi lainnya.

  • Asosiasi Desain Produk Di Indonesia

Jika boleh saya menjelaskan asosiasi desain produk sendiri berawal dari rasa ingin melindungi hak seorang desainer yang telah memdesain/merancang suatu produk agar dapat didokumentasi dan diarsipkan. Pentingnya asosiasi bagi desainer adalah untuk membangun branding desain produk di indonesia dan tempat untuk mengembangkan networking bagi desainer-desainer profesinal di indonesia. Dibawah ini asosiasi-asosiasi desain produk di indonesia yang masih eksis sampai sekarang ini.

ADPII ( Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia )

ADPII merupakan asosiasi yang terbentuk pada tahun 1983 dan beberapa kali berganti nama asosiasi. Asosiasi ADPII membagi dua bagian anggota yaitu anggota muda (mahasiswa) dan anggota penuh (profesional). ADPII juga tersebar diseluruh bagian jawa dan bali seperti ADPI DPD Jakarta, ADPII DPD Jawa Barat, ADPII DPD Jawa Timur, ADPII DPD Jogjakarta dan ADPII DPD Bali.

Website ADPII : http://adpii.org/

PDF ( Product Design Focus )

PDF terbentuk pada tahun 2010 di bandung. Seperti halnya forum yang membahas mengenai isu-isu desain produk di indonesia. Forum Komunitas PDF terdapat berbagai macam diskusi seperti PDF DISCUSS, PDF WORKSHOP dan PDF INSIGHT.

Website PDF : http://productdesignfocus.com/

HIMKI ( Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia )

HIMKI merupakan asosiasi atau organisasi yang terbentuk dari AMKRI dan ASMINDO pada tahun 2016 di jakarta. Asosiasi atau Organisasi yang sangat responsif terhadap kemajuan zaman terlebih dalam  industri permebelan dan kerajinan. Asosiasi atau Organisasi HIMKI juga tersebar diseluruh nusantara sepert DPD DKI JABOTABEK, DPD Bandung, DPD Cirebon Raya, DPD DI Yogyakarta, DPD Solo Raya, DPD Semarang Raya, DPD Jepara Raya, DPD Jawa Timur, DPD Bali, DPD Sumatra, DPD Kalimantan dan DPD Sulawesi.

Website HIMKI :
http://www.himki.id/
http://www.himki-indonesia.com/

Mungkin hanya sedikit yang bisa saya tuliskan mengenai asosiasi-asosiasi diatas dan jika anda ingin menambahkan atau memberikan kritik + saran dapat langsung mengirimkan pesan di contact me atau mengirimkan email di blog ini. Pada dasarnya semua asosisasi baik dan mempunyai tujuan yang jelas untuk kemajuan negara tercinta kita ini dengan adanya pengembangan desain produk dan SDMnya.

Terima kasih telah membaca Pengertian Desain Produk, Sejarah dan Asosiasinya Di Indonesia.
Semoga bermanfaat.

 

Muat Artikel Oleh Firnandus
Muat Artikel Mengenai Desain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Periksa Juga

Aliran Seni POP ART, Tokoh-Tokoh dan Contoh Karyanya

Aliran Seni POP ART, Tokoh-Tokoh dan Contoh Karyanya – Dari zaman dahulu sampai seka…