Beranda Komputer Macam-Macam Aplikasi Software Web Server Localhost Terbaik Untuk Windows

Macam-Macam Aplikasi Software Web Server Localhost Terbaik Untuk Windows

8 Sedikit Membaca
0
0
909
Macam-Macam Aplikasi Software Web Server Localhost Terbaik Untuk Windows

Macam-Macam Aplikasi Software Web Server Localhost  – Aplikasi Software terbaik untuk komputer ( PC ) atau Laptop dengan sistem operasi Windows adalah webserver localhost, karena dengan localhost ( Server Local ) tersebut anda dapat menampilkan proyek website yang akan anda buat nantinya.

Jika anda belum mengenal apa itu web server bisa langsung membaca di posting saya tentang Pengertian Web Server, perbedaan dari keduanya pada jaringan yang digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya seperti halnya anda di salah satu wifi publik dan jika anda membuka Port pada PC anda maka orang lain juga akan melihat apa yang ada di PC anda beda lagi kalau misal anda sudah menggunakan web server di hosting maka hasil dari website anda dapat dilihat oleh pengguna diluar jaringan local anda. Web server localhost sendiri merupakan aplikasi yang digunakan pada jaringan local yang biasanya dapat diakses melalu search engine dengan URL : http://localhost/folder-file-website untuk menampilkan hasil dari pembuatan website yang anda buat. Saya harap anda sudah mengerti dan mari lanjutkan membaca posting kali ini mengenai koleksi web server localhost yang patut anda download.

Baca jugaPengertian Web Server, 3 Rekomendasi Penyedia Layanan Web Hosting

Macam – Macam Aplikasi Software Web Server Localhost Terbaik Untuk Windows

XAMPP

XAMPP adalah Software ( Perangkat Lunak ) gratis untuk mendukung sistem operasi dan kompilasi dari beberapa program di Server Local yang dikembangkan oleh Apache Friends dibawah GNU General Public License dan sepenuhnya gratis. XAMPP ini dapat anda download untuk Windows, MacOS, Linux dan Solaris.

Fungsi utamanya seperti yang sudah saya jelaskan diatas tentang localhost dan terdiri dari 4 sistem operasi seperti Apache HTTP Server, MsSQL database, PHP dan Perl, karena ke 4 program tersebut nama XAMPP berasal dengan singkatan X + 4 Program. Selain mudah digunakan software gratis ini dapat menampilkan web site dinamis.

WampServer

Wamp Server adalah Software ( Perangkat Lunak ) gratis seperti halnya xampp server yang dibuat oleh seorang yang bernama Romain Bourdon, Aplikasi Localhost yang terdiri dari web server Apache, OpenSLL ( Support SLL ), database MySQL dan PHP. WampServer sepenuhnya gratis yang dapat anda download untuk Windows.

Fungsi utamanya seperti halnya XAMPP yang dapat menampilkan web dinamis di jaringan local. WAMP Server berasal dari 4 Program + Server ( Apache, MySQL, PHP dan Perl / Python + Server ). Kelebihan dari WampServer sendiri dapat menampilkan website dengan dua mode yaitu offline dan online dengan kata  lain anda dapat mengatur tampilan web sesuai dengan saat online nantinya jika anda menggunakan mode online.

AMPPS

AMPPS adalah Software ( Perangkat Lunak ) gratis yang bisa diibaratkan seperti kompinasi dari XAMPP dengan WampServer, Jika anda sudah mempunyai Web Hosting yang menggunakan control panel ( Cpanel ) pasti sudah familiar dengan aplikasi web server localhost ini karena tampilannya seperti di Softaculous karena XAMPP sendiri dikembangkan oleh Softaculous Ltd dengan GNU General Public License dan sepenuhnya gratis. Aplikasi Localhost yang terdiri dari Apache, MySQL, MongoDP, PHP, Perl dan Python. AMPPS ini dapat anda download untuk Windows, Linux dan Mac OS.

Fungsi utamanya untuk membuat localhost yang dapat terintegrasi dengan web hosting dan dalam paketnya sudah lengkap dengan content management system (CMS) seperti Megashop, Opencart, WordPress dan banyak lagi. Jadi anda tidak harus mendownload CMS karena semuanya sudah ada di AMPPS.

IIS ( Internet Information Service )

IIS ( Internet Information Service ) adalah Sotfware ( Perangkat Lunak ) gratis dari Microsoft yang dikembangkan oleh European Microsoft Windows NT Academic Centre (EMWAC) yang pada dasarnya IIS sendiri merupakan HTTP webserver yang digunakan untuk sistem operasi server Windows dan mulai dikembangkan sampai sekarang sehingga anda dapat menggunakannya untuk membangun sebuah website. Aplikasi Localhost yang satu ini berbeda dengan yang ada di atas karena menggunkan bahasa pemprograman seperti Javascript, PHP, Net Framework, CGI, dan ASP dengan mendukung protocol seperti HTTP/HTTPS, FTP, SMTP, dan NNTP.

Fungsi utama dari IIS sendiri sebagai server sangatlah baik karena dengan sistem pengoperasiannya yang sangat aman karena dapat  memfilter URL yang tidak wajar dan biasanya digunakan untuk platform .NET. Layanan ini berfungsi sebagai pendukung protokol TCP/IP yang berjalan dalam lapisan aplikasi (application layer) selain itu aplikasi server ini sebagai fondasi dari platform Internet dan Intranet Microsoft, yang mencakup Microsoft Site Server, Microsoft Commercial Internet System dan produk-produk Microsoft BackOffice lainnya. IIS sendiri juga dapat diinstalasikan sebagai Microsoft Personal Web Server (PWS).

Disini saya hanya membahas mengenai 4 Web Server Localhost yang dapat anda download dan sebenarnya masih banyak lagi web server localhost yang dapat anda jadikan alternatif untuk membuat website di localhost seperti: MAMP, DesktopServer, Lighttpd, Cherokee, The Uniform Server dan banyak lagi yang bisa anda download di situs resmi masing-masing. Jika ingin membaca mengenai web server localhost diatas ini dan ingin mengetahui cara install web server localhost di windows dapat menemui di posting yang akan datang.

Terima kasih telah membaca Macam-Macam Aplikasi Software Web Server Localhost Terbaik Untuk Windows.
Semoga bermanfaat.

 

Muat Artikel Oleh Firnandus
Muat Artikel Mengenai Komputer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Periksa Juga

Macam – Macam Tema / Theme Untuk Merubah Tampilan PhpMyAdmin Di XAMPP

Macam – Macam Tema / Theme Untuk Merubah Tampilan PhpMyAdmin Di XAMPP – Mungki…